Laporkan Penyalahgunaan

Arsip

Translate

1minggu1cerita
Blogger Perempuan

@ElHuecoTwitero, Kicauan dari Jalanan Rusak

Posting Komentar
     Prihatin pada kondisi jalanan yang berlubang atau rusak , sebuah perusahaan iklan di Panama, membuat gebrakan unik. Memadukan kecanggihan teknologi dan media sosial, perusahaan Publicuatro di Panama City itu mencoba mendesak pemerintah Panama agar memperhatikan kondisi jalan. Caranya, Publicuatro memasang alat sensor tekanan dan gerakan serta modul frekuensi radio pada lubang di jalan atau di ruas jalan yang rusak. Jika terpicu, alat alat tersebut akan mengirimkan twit atau kicauan melalui twitter kepada akun twitter Kementerian Pekerjaan Umum Panama. 

     Setiap kali ada kendaraan melewati jalan rusak dan roda kendaraan menekan sensor, twitter otomatis akan dikirimkan oleh akun @ElHuecoTwitero - artinya kira kira " lubang jalan yang berkicau "- kepada akun @MOPdePanama. Isi twitter ada yang diambil dari file yang telah tersedia atau dibuat saat itu juga pada saat sensor bereaksi, oleh tim dari Publicuatro. Semua kicauan itu ditulis dengan gaya bahasa orang pertama.

     Gebrakan perusahaan Publicuatro mendapat sambutan dari grup broadcasting Panama, Medcom. Dua kali sepekan, mereka menayangkan beberapa kicauan @ElHuecoTwitero dalam program berita mereka, sekaligus menginformasikan kemajuan dalam proses perbaikan jalan. Cara ini relatif berhasil. Jalan rusak yang " berkicau" diperbaiki pemerintah. Bahkan akun @MOPdePanama juga merespon kicauan @ElHuecoTwitero. Warga Panama juga tak tinggal diam, akun @ElHuecoTwitero kini punya sekitar 4 ribu follower, yang rajin mengirimkan foto jalan rusak pada akun tersebut.
Pesiarsiar
Yumi, tukang pesiar yang suka menulis, membaca, menonton film dan bikin video. Potterhead garis keras. Alumni kampus biru Yogyakarta. Sekarang tinggal di Jakarta. Kemana-mana kalau bisa lebih pilih naik kereta. Suka warna senja.

Related Posts

Posting Komentar