Laporkan Penyalahgunaan

Arsip

Translate

1minggu1cerita
Blogger Perempuan

Keliling Eropa Barat dengan Kereta berbekal tiket Eurail

Posting Komentar
   Waktu merencanakan backpacking ke Eropa 2013 lalu, saya memutuskan memakai kereta untuk berkeliling. Selain karena saya suka kereta, alam Eropa yang indah sayang jika dilewati dengan pesawat. Paling tidak, tempat tempat yang tak sempat dikunjungi karena keterbatasan waktu masih bisa dilihat walau sekilas. 


   Setelah cari informasi di raileurope.com dan raileurope.com.au, saya pakai tiket terusan khusus wisatawan luar Eropa dari Eurail (http://www.raileurope-asean.com/pass/eurail-global-pass), karena bisa dipakai di beberapa negara Eropa, tergantung jenis yang dipilih, dari 1- 23 negara. Berhubung saya jalan berdua, selalu bareng, dan belum pasti negara mana saja yang dituju *siapa tahu berubah pikiran* maka sepertinya lebih murah dan tepat kalau pakai Eurail Global Continuous Pass Saver (http://www.raileurope-asean.com/pass/eurail-global-pass). Tiket terusan jenis ini bisa jadi tiket gratis di semua jaringan kereta nasional negara Eropa tujuan saya kecuali Prancis. Bisa juga untuk transportasi bus atau feri, baik sebagai tiket atau sebagai alat diskon.

   Eurail Global Continuous Pass Saver pilihan saya hanya keluarkan satu tiket untuk berdua, jadi bepergian harus selalu bersama. Harganya 471 euro perorang atau sekitar 6 juta rupiah saat saya beli. Tadinya saya pikir tiket terusan ini berarti kami sudah free setiap kali naik kereta di Eropa. Tapi ternyata gratis untuk kereta tertentu saja, misalnya untuk kereta bandara Schipoll ke Amsterdam Central di Belanda, atau kereta kereta DB Jerman antar kota dalam negara. Untuk antar negara, kebanyakan saya masih harus bayar biaya reservasi antara 3-36 Euro perorang tiap kali jalan, untuk memastikan mendapat tempat duduk (meski kebanyakan kursi kosong saat kami kesana). Ini termasuk murah karena kami hampir tak pernah menggunakan bus atau feri. Kereta Thalys Amsterdam Central-Paris Nord yang harga tiketnya sekitar 120 Euro perorang, dengan Eurail jadi 39 Euro perorang. Padahal kami naik kereta sejenis ini beberapa kali.
Tiket Eurail

   Eurail Global Continuous Pass (http://www.raileurope-asean.com/pass/eurail-global-pass) juga bisa dipakai sebanyak yang kami mau dalam rentang 17 hari, dan merupakan tiket kelas satu hingga kemana mana kami mendapatkan kereta yang cepat dan nyaman. Kecuali beberapa rute dimana tak ada kereta kelas satu, kami diberikan kereta kelas dua yang tak kalah nyamannya. 

   Total kami bepergian dengan kereta ke 13 kota di 6 negara di Eropa, dengan biaya 658,5 euro perorang, hampir semuanya dengan gerbong first class. Ini termasuk 3 kali menggunakan kereta malam dengan kabin, hingga kami hemat biaya kamar hotel 3 malam.

Beberapa pengalaman lucu kami alami selama pesiar dengan kereta kereta Eropa. Lengkapnya baca di postingan selanjutnya yah.
Pesiarsiar
Yumi, tukang pesiar yang suka menulis, membaca, menonton film dan bikin video. Potterhead garis keras. Alumni kampus biru Yogyakarta. Sekarang tinggal di Jakarta. Kemana-mana kalau bisa lebih pilih naik kereta. Suka warna senja.

Related Posts

Posting Komentar